Kamis, 04 Juli 2013

Manfaat Kandungan Telur untuk Bayi


Kalau kita bicara mengenai makanan sehat, biasanya salah satu faktor yang sering dibahas adalah kandungan lemaknya. Secara singkat, makanan akan tergolong baik jika perbandingan lemak yang dikandungnya merupakan 1/3 lemak jenuh, 1/3 lemak jenuh tunggal (monounsatutated) dan 1/3 lemak jenuh ganda (polyunsaturated).
Nah, ketika diteliti, perbandingan jenis ketiga lemak di atas yang terkandung dalam kuning telur yang berat rata-ratanya sekitar 5 gram itu, ternyata mirip dengan pola ini.
Setiap butir telur mengandung 70 kalori. Hampir seluruh jenis vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh manusia ada dalam setiap butir telur.

Kapan Anda Bisa Mulai Memberikan Telur kepada Bayi Anda?

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum Anda memperkenalkan telur sebagai MPASI bagi si kecil…
·         Telur merupakan salah satu makanan penyebab alergi
·         Bayi yang terbukti alergi pada telur, biasanya mulai bisa mengkonsumsinya setelah usia 5 tahun
·         Bagi bayi yang tidak memiliki alergi, kuning telur dan putih telur dapat diberikan sejak awal pemberian MPASI, yaitu pada usia 6 bulan (dulu, pendapat mengatakan bahwa kuning telur bisa diberikan sejak bayi berusia 8 bulan, sedangkan putih telur bisa diberikan setelah usianya 1 tahun. Namun pendapat ini sudah mulai dibantah oleh banyak ahli kesehatan anak) – kesimpulan terakhir ini dikeluarkan pada tahun 2010
Gejala bayi yang memiliki alergi terhadap telur diantaranya: pilek, mata berair, gatal-gatal
Jika orangtua memiliki sejarah alergi terhadap telur, maka lebih baik menunda hingga usia si kecil 12 bulan sebelum memperkenalkan telur kepadanya.
SUMBER:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar