Kamis, 04 Juli 2013

Selamat ulang tahun Jakarta...



Teringat akan sebuah karikatur pada sebuah media di dunia maya, ada sepasang ondel-ondel yang mengucapkan selamat ulang tahun kepada monas, sambil tersenyum karakter monas berkata masalah berulang-ulang. Sebuah karikaur yang mengingatkan kita yang tinggal di jakarta dan kota satelitnya untuk sadar bahwa jakarta bukan merupakan sebuah kota yang tanpa masalah. Jakarta adalah sebuah kota besar yang memiliki masalah atau mungkin bisa dibilang penyakit yang kronis.
Penyakit krinis, memang harus kita atasi, tapi sisi baiknya adalah membuat orang yang memiliki tugas untuk mengatasi masalah iu harua memiliki kemempuan untuk mempelajari masalh dan bisa kreatif untuk mengatasinya.
Begitu banyak masalah yang harus segera disrlesaikan, tapi menyelesaikan masalah dijakarta yidak semudah membalikkan telapak tangan.salah sstu masalsh yang melilit jakarta adalah banjir.jakarts memiliki siklus banjir tahunan mulsi dari lims tahunan hingga tiga tahunan.siklus tersebut adalah siklus banjir besar dumana curah hujan yang tinggi berpadu dengan pasang naik air laut. Tadi adalah banjir akibat normal dari kelakuan alam, taoi soa jabar dengan banjir yang terjadi setiap hujan datsng?
Saya malah yakin banjir itu  terjadi karena ketidak arifan manusia dengan alam. Contoh paling gampang adalah pembangunan insfrakstruktur yang tidak diimbangi dengan pembangunan fasilitas pendukungnya, seperti fasilitas penyalur air bungan atau selokan. Mungkin ini adalah salah satu penyebab dari banjir yang menggenani jalanan ibukota.
Kenapa saya katakan ukuran selokan yang tidak cukup menyumbang genangan air dijalanan ibukota, ketika hujan deras tiba harusnya air yang berlebih dapat dibuang dengan baik melalui selokan dipinggir jalanatau dibawah jalan. Sering kulihat didalam film hollywood dimana jalur selokannya bisa digunakan untuk jalan sebuah mobil, luar biasa. Mungkin bila selokan dijakarta sebesar itu maka banjir akibat hujan deras.akan teratasi. Tentu akan lebih baik bila solusi-solusi penanganan banjir ini di kolaborasikan dengan usaha pencegahan seperti perbaikan kondisi puncak bogor, agar jakarta tidak mendapatkan kiriman bencana berupa banjir bandang.

Semoga dengan bertambahnya umur jakarta, bertambahnya penduduk indonesia yang mencari hidup dijakarta, para penguasa dan pemerintah dapat melaksanakan tugasnya dengan baik dan dapat segera mengatasi penyakit kronis yang mengrogor0ti jakarta sebelum mati suri. Selamat ulanag tahun jakarta, terima kasih kau telah menjadi tempat sebagian besar orang untuk hidup, mencari makan, mencari ilmu dan aktivitas lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar